Selasa, 21 Oktober 2008

Saints Row 2


Saints Row 2 melanjutkan cerita dari game pertama, dimana jagoan kita lolos dari sebuah ledakan di perahu. Sang jagoan berada dalam perawatan dalam penjara, dan harus mengalami bedah plastik karena sekujur tubuhnya menderita luka bakar yang sangat parah. Begitu bangun, ia dibantu oleh seorang anggota gang 3rd Street Saints untuk kabur dari penjara. Ternyata gang yang dulu merajai kota Stillwater, kini hampir punah dan namanya menjadi pudar.

Para Letnan 3rd Street Saints sudah pada hilang dan yang tersisa hanya Johnny gat dan Aisha. Namun si Johnny berada dalam tahanan polisi dan akan segera dihukum mati menggunakan kursi listrik. Sementara itu, kota Stillwater dikuasai oleh beberapa gang-gang baru. Jadi mulai deh, jalan menuju tahta atas kota Stillwater dalam game Saints Row 2. Seperti game pertamanya, kita harus merebut kota Stillwater dari kuasa para gang-gang yang ada dan membuat 3rd Street Saints menjadi gang penguasa kota. Kini terdapat beberapa gang yang menguasai setiap bagian kota Stillwater. Ada The Brotherhood, gang sadis yang doyan kekerasan, dipimpin oleh Maero, pria raksasa setinggi 2,2m. The Broherhood memiliki lambang serigala, dan memiliki warna dominan merah. Kemudian ada Ronin, gang berwarna kuning dan berasal dari negera Sakura. Dipimpin oleh Shogo Akuji.



Lalu ada Sons of Samedi, sebuah gang internasional yang mengusai laut karibia. Berwarna hijau, dan anggotanya menganut kepercayaan voodoo. Dipimpin oleh seorang pria yang dijuluki General (Jendral). Kemudian yang terkahir adalah Ultor Corporation. Sebuah mgea-perusahaan yang bertanggung jawab atas pemberantasan kriminalitas di kota Stillwater. Bermula dari took baju, Ultor berkembang pesat dan menjadi perusahaan nomor satu di Stillwater.

Dibanding dengan game pertamanya, Saints Row 2 mengalami banyak peningkatan, dan penambahan fitur-fitur. Makin banyak hal yang dimasukkan dan menambah factor fun meningkat. Seperti biasa, kita bisa dengan bebas memilih mau menjalani misi yang mana terlebih dahulu. Tapi untuk memulai sebuah misi utama, kita harus memiliki respect yang cukup. Untuk mendapatkan respect, ada beberapa cara. Bisa dengan mengikuti activities yang tersebar diseluruh kota. Memodif rumah dan mobil, nyetir secara keren, membunuh anggota gang musuh, dan lain-lain.
Activities ini adalah sebuah misi sampingan yang memiliki banyak keragaman. Dari mengantar narkoba, menyelamatkan wanita malam, melakukan penipuan asuransi, menyolong mobil, menjadi polisi bohongan, dan banyak lagi. Setiap activities memiliki level, dan level tertinggi adalah 6. Setiap kali kita sukses menyelesaikan 1 level, maka akan naik. Apabila sukses menyelesaikan level 3 dan 6, kita akan membuka sebuah hadiah. Hadiahnya ini beragam dari senjata baru, amunisi tak terbatas, baju, diskon, hingga stamina ekstra.



Beberapa activities baru ditambahkan dalam game ini. Seperti FUZZ, dimana kita berperan menjadi polisi bohongan dalam sebuah acara reality show dimana memperlihatkan kebrutalan polisi. Ada Septic Avenger, dimana kita mengendarai sebuah truk septic tank, dan mencoba menghiasi kota dengan kotoran. Lalu ada Heli Assault, dimaan kita menjadi pilot sebuah helicopter tempur, dan mencoba melindung anak buah kita.

Fight Club, seperti sebuah film, kita akan berada dalam sebuah ring dan harus menghabisi semua lawan yang ada. Trail Blazing, kita mengendarai sebuah ATV yang terbakar, dan harus melintasi sebuah jalur sambil membakar semua yang menghadang. Dan yang terakhir Zombie Uprising, mirip Resident Evil campur Dead Rising, kita harus selamat dari serangan para zombie, dan harus mebunuh sebanyak mungkin zombie yang ada.

Dikarenakan jagoan kita harus menjalani bedah plastic, maka disini kita bisa dengan bebas membuat karakter kita sendiri lagi. Mau berkelamin pria, wanita, atau bencong, berkulit putih atau hitam, kurus, gembrot. Pokoknya kita bisa dengan bebas berkreasi. Kemudian kita bisa juga membeli baju, perhiasan, tattoo, untuk memperkeren karakter kita.
Kendaraan-kendaraan semakin beragam, dan kini terdapat motor, helicopter, kapal, dan pesawat terbang. Semua kendaraan (mobil/motor), mau besar atau kecil bisa kita modifikasi. Bisa kita tambahkan nitro, velg gede, cat baru, system hidrolik, dan yang paling penting, setiap mobil milik kita yang pernah tersimpan dalam garasi, takkan pernah hilang.



Uang menjadi sebuah hal yang penting disini, selain untuk membeli senjata dan amunisi. Kita juga bisa membeli rumah diberbagai sudut kota dan kemudian mendadaninya dengan TV plasma 60’, piano, meja biliar, dll. Uang juga digunakan untuk membeli toko-toko guna menghasilkan uang setiap harinya.

Untuk bagian grafis, game ini mengalami peningkatan yang cukup jauh dari game pertamanya, animasi lebih halus, dan desain karakter semakin baik. Tapi kadang terjadi screen tear, dimana layar akan terlihat seperti ada garis horizontal transparan ketika terjadi banyak aksi dilayar. Ini bisa kita hilangkan dengan menyalakan V-Sync, namun framerate akan jauh berkurang.

Musik di Saints Row 2 sangat beragam dengan adanya banyak radio, kita bisa pilih mau dengerin aliran music apa. Dari hardcore, klasik, pop, jazz, funk, rap, alternative, ada semua. Musicnya juga dari artis-artis ternama seperti Fallout Boy, My Chemical Romance, Mozart, NeYo, Beethoven, dan banyak lagi.
Saints Row 2 memang menjadi pesaing beratnya GTA 4, namu
n Volition dengan pintarnya membidik para gamers yang merasa kecewa dengan GTA 4. Banyak yang mengeluh bahwa GTA 4 terlalu realistis dan serius, banyak fitur-fitur gokil yang dihilangkan. Rupanya Volition mendengar curhat mereka, dan Saints Row 2 hadir untuk menanggapi keluhan itu. Game ini bener-bener fun dan gokil. Seperti era GTA 3, humor slapstick, dan guyonon goblok muncul untuk menghibur kita. Saking gilanya ini game, kita bisa berlari keliling kota bugil, atau melakukan handstand di atas kap sebuah mobil yang bergerak, atau juga terjun payung dari atas gedung. Bagi anda pecinta Game,tentunya game ini wajib dimainkan.



Tidak ada komentar: